Saat ini, seperti yang kita tahu, tidak sedikit orang yang mengidap penyakit degeneratif, misalnya seperti stroke, jantung, maupun diabetes. Hal ini tentu membuat kita terus waspada terhadap apa yang kita makan, misalnya seperti saat mengkonsumsi sari gula sebagai bahan pemanis. Sekarang ini, kita pun juga banyak menjumpai gula pasir. Lantas, apa sih perbedaan keduanya? Simak pada 4 ulasan berikut ini.

1. Gula pasir diambil dari gula tebu

Gula yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk menjadi pemanis makanan maupun minuman merupakan gula yang diambil dari tanaman tebu. Jadi, gula ini diambil dari tanaman tebu yang sebelumnya sudah dipanaskan dan diolah. Kemudian, hasilnya akan berbentuk kristal atau yang juga lebih sering kita sebut sebagai gula pasir.

2. Sari gula alias pemanis buatan melalui proses kimiawi

Apa yang disebut sebagai pemanis buatan memiliki definisi yang lebih luas karena pemanis buatan mencakup pemanis yang bahannya tidak sama sekali bisa kita temukan di alam. Selain itu, pemanis buatan juga akan dihasilkan melalui proses kimiawi. Adapun beberapa contoh pemanis buatan dapat berupa siklamat, sukralosa, sakarin, serta aspartam. Pemanis buatan biasanya bisa kita temui secara mudah pada soda, sirup, serta selai dan makanan khusus untuk penderita diabetes.

3. Penggunaan gula pasir dan sari gula harus sama-sama diperhatikan

Sebenarnya, baik gula pasir maupun pemanis buatan sama-sama memiliki dampak positif bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam takaran yang wajar. Maka dari itu, kita sebagai konsumen harus berperan aktif dalam mencari tahu, mana produk yang cocok untuk kita. Sebagai contoh, penderita diabetes akan membutuhkan pemanis buatan pada produk-produk yang bertuliskan sugar free.

4. Gula pasir memiliki kandungan kalori

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemanis buatan tidak mengandung kalori sehingga produk-produk untuk penderita diabetes yang mengandung pemanis buatan diberikan label sugar free. Sementara itu, gula pasir justru memiliki kalori, walaupun jumlahnya tidak banyak. Sementara itu, tingkat kemanisan gula pasir biasanya juga lebih rendah dibandingkan dengan tingkat kemanisan pemanis buatan.

By Sekar