Sebagian besar masyarakat mungkin telah mengetahui bahwa crowdfunding merupakan sebuah platform yang bertujuan untuk mengumpulkan dana melalui internet, dari sejumlah orang yang umumnya digunakan untuk kegiatan sosial.

Dilansir dari thenextweb.com, rekor pertama kesuksesan proyek crowdfunding online terjadi pada tahun 1997, yaitu ketika band rock Inggris Marillion mengumpulkan uang secara online dalam konsep sumbangan penggemar untuk tur A.S. Kesuksesan ini dilirik oleh pembuat film dan seniman, yang juga menggunakan konsep tersebut untuk membantu mendanai proyek mereka sendiri.

Crowdfunding telah ada selama berabad-abad, namun baru mulai mendapatkan daya tarik pada tahun 2003, yang akhirnya sistem ini kian melejit saat lepas landas pada tahun 2008 dengan memanfaatkan teknologi.

Jenis proyek crowdfunding Indonesia berbeda-beda. Namun memiliki tujuan dan proyek spesifik yang senada, misalnya, untuk membantu korban bencana alam, meminjamkan dana pada orang-orang yang menjadi korban ketidakstabilan politik, untuk penyandang cacat, dll.

Sejarah menuliskan, pada awalnya crowdfunding diterapkan sebagai cara bagi seniman dan pekerja lepas untuk mengumpulkan uang demi kepentingan proyek mereka. Kini, banyak perusahaan besar yang menggunakan konsep tersebut. Peran media sosial mempermudah momentum pendanaan. Dengan demikian banyak pengusaha membangun bisnis mereka melalui crowdfunding atau urun dana untuk memperluas usaha. Bisnis ini diprediksi akan terus berkembang di tahun 2018.

Kiat atau Cara Jitu Crowdfunding Anda Menuai Sukses:

1. CrowdFunding Anda adalah Media Penyelesaian Masalah

Tetapkan untuk pertama kalinya bahwa fokus pelaksanakan proyek adalah isa menyelesaikan masalah, seperti operasi penyakit tertentu, keterbatasan buku, dan sebagainya. Produk yang benar-benar menyelesaikan masalah dalam kehidupan akan selalu diinginkan dan menarik minat orang banyak untuk mau mendanai atau menyumbangkan dananya. Hal ini dikarenakan berangkat dari permasalahan, biasanya produk yang dihasilkan akan banyak diminati. Produk yang bisa menyelesaikan permasalahan ini juga perlu ditambah dengan dukungan tren yang sedang berkembang.

2. Berikan cerita menarik

Inti sukes dari crowdfunding adalah menarik minat orang banyak agar mau menyuntikkan dananya kepada Anda. Untuk bisa menarik mereka, Anda bisa membuat sebuah cerita tentang bagaimana proyek tersebut nantinya bisa berdampak kepada masyarakat. Di sini, kemampuan untuk menceritakan proyek Anda kepada khalayak sangat diperlukan. Jadi, sediakan informasi detil dan sebisa mungkin menggugah hati orang banyak (human interest).

3. Bangun basis pelanggan

Mungkin cara ini terdengar counterintuitive. Sebagian orang berpikir menggunakan situs crowdfunding untuk membangun basis pelanggan pertama. Padahal pemikiran seperti itu tak tepat. Bahkan Kickstarter, salah satu platform crowdfunding global, menuliskan dalam FAQ situsnya bahwa umumnya pendanaan berasal dari penggemar dan teman. Jadi, jika ingin berpeluang sukses, bangunlah basis pelanggan dulu dan gunakan situs crowdfunding sebagai alat pemasaran.

4. Bangun hubungan

Membangun hubungan atau ‘gaul’ dengan banyak orang sangat penting karena dari orang-orang yang berhubungan baik dan mengenal Anda, bisnis bisa berkembang dan mendapat dukungan.

5. Target pendanaan yang realistis

Ini adalah bagian yang penting dalam crowdfunding OJK. Nilai proyek Anda berikut target pendanaannya. Target pendanaan yang tidak wajar bisa menyurutkan niat orang banyak untuk mengucurkan dananya.

6. Apresiasi kepada para pendukung proyek

Mereka yang telah ikut mendanai proyek Anda adalah manusia yang juga butuh perhatian dan apresiasi. Anda bisa memberikan apresiasi kepada mereka dari hal terkecil, seperti mengucapkan terimakasih hingga memberi suvenir. Dengan bentuk apresiasi ini, Anda akan semakin berpeluang untuk mensukseskan proyek equity crowdfunding Anda.

7. Pertimbangkan saran dari para pendukung

Saran dari para pemberi dana juga jangan diabaikan. Pertimbangkan saran mereka agar mereka merasa dilibatkan dan dihormati dalam proyek crowdfunding yang akan Anda jalankan.

By Sekar